Senin, 25 Februari 2008

Bungkus




Jadi orang sing disiplin kayak saya ini ( meski cuman dlm hal jam pulang ) memang banyak untungnya.Mulih kerja slalu tepat waktu, jam setengah lima wis teng siap jalan,ndak aneh kalau sampai rumah masih sore.

Masih bisa nonton infotenmen,ndengerin gosip selebritis dan ora lali berusaha bisa nonton sinetron suami2 takut istri.

Gampang buat saya untuk menyenangi sinetron ini, ceritanya lucu, trus karakter tokoh2nya terasa akrap, kayak sering taklihat di.sekitarku.

Jadi nonton sinetron suami2 takut istri seperti neng ngarep jendela menyimak sifat orang sing lewat .

Ngguyokake sekaligus bikin ngelus dada, dari sekian keluarga terhormat kok malah cuman Pak dadang si satpam yg bisa jadi suami utuh.

Lepas dari kemampuan penghasilannya ataupun aktivitas poligaminya , mung pak satpam itu yg bisa punya wibawa di keluarganya. Cuman dia yang bisa berdiri tegak di depan istri-istrinya.

Yang lain ? wak kaya tumo kupret, ndak kajen sama sekali di depan istri.

Penampilan sih kayak kelas menengah, terpelajar ning sama sekali ndak berdaya buat mimpin keluarga.

Gambaran sandiwara itu meh persis dgn apa yg taklihat sehari-hari, karakter kepura-puraan membungkus ketidakberdayaannya.

Sering kali kepalsuan lebih kita kedepankan dibanding kejernihan batin kita kan ?.

Atas nama prestis,kewibawaan ataupun profesi ndak jarang kita nglakuin hal2 sing neko2. Lha yg lebih aneh semakin pinter kita, semakin tinggi pendidikan kita kerep banget diikuti dgn makin kreatifnya kita berpura-pura.Pura2 bahwa kita serius, pura2 berwibawa, pura2 alim.

Salah satu ciri yg jelas adalah kita jadi gandrung banget dgn bungkus atawa kemasan.Pakai kata2 yg manis ning kadang gawe jengkel dan nylekit, gampang peduli atas persoalan wong nduwure tapi babar blas ndak nggagas problem orang di bawahnya, dalam pergaulan selerane di ujo seolah itu sudah standar gaya hidupnya walaupun direwangi mangan indomi neng omahe.

Wis pokoke seolah kita punya kepribadian ganda.

Neng njaba terlihat seperti pahlawan dgn segala kekuasaanya tapi di rumah persis seperti boneka, ora duwe kewenangan blas.

Bisa saja di luar penampilane persis ulama, pendeta ataupun orang bijak lainya dgn segala petuah ataupun nasehatnya ning jangan kaget kalau istri,anak ataupun orang2 terdekatnya malah ndak pernah percaya sama dia.

Jadi ya ndak aneh nek kita sering liat artis sing pinter gawe lagu romantis malah ditinggal minggat pacar. Atau wong sing kayaknya terlihat digandrungi cewek2 dan pinter ngomong ndakik-ndakik soal cinta malah ditinggal selingkuh istrinya.

Urip dgn dunia dobel sing saling bertolak belakang rasa-rasanya akan makin banyak kita temui .

Sore kemarin sambil mangan onde2 dan nyruput the panas bikinan ibu, saya ngeling-eling , gek-gek selama ini justru saya wis biasa dgn tingkah kepura-puraan dan kemunafikan.Jangan-jangan kepalsuan dan kebohongan itu bukan sekedar bungkus tataran sosial kita , tapi sudah jadi sunsum spiritualisme kita ya.

Coba saja sampeyan penggalih :

- begitu rajin kita menyembah Nya, sampai lupa kenal orang lain yg diciptakanNya juga

- sregep banget kita mohon ampunanNya, cuman anehnya ndak pernah terlihat rasa bersalah dalam kata dan perilaku kita apalagi penyesalan kepada sesama

- Ndak keitung kita ngucapin syukur atas anugerah-rahmatNya, ning tak sekejap pun kita rumangsa cukup dan puas dgn yg kita miliki isine mung kurangggggg terus


Muga2 kita semua bisa saling ngelingke dan bisa dielingke

Salam

Solo 22 Pebruari 2008

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ndak keitung kita ngucapin syukur atas anugerah-rahmatNya, ning tak sekejap pun kita rumangsa cukup dan puas dgn yg kita miliki ,isine mung kurangggggg terus

suwun sing akeh pak