Senin, 25 Februari 2008

Wong Apik



Ndak selalu keterlambatan itu menjengkelkan, buktinya saben sepur senja solo kawanan tekan kutoarjo saya masih bisa menikmati kok,malah sok-sok dalam hati saya nunggu je . Ngenteni kemunculan bencong pengamen nyanyi sepanjang kutoarjo-jogja.

Bukan karena sensual-maskulinitas yg bikin saya tertarik , bukan juga karena saya punya orientasi trans-sexual.Ning amarga tiap ngliat penampilan ( dgn bahu terbuka dan dan belahan dada sing mintip-mintip ) dan ndengerin nyanyiane saya dadi kelingan sama mas yanto ( sekedar sebutan saya , biarlah saya dan gusti pangeran yg tahu jeneng asline ) , yang saya kenal di jogja 17 tahun lalu.

Cuman sampeyan jgn membayangkan bahwa ada kemiripan fisik antara mas yanto ini dgn bencong tsb, ndak mas, kliru itu.
( apalagi nek sampeyan ngira mbiyen saya punya hubungan intens dgn bencong, aja mbayangke ngono ya mas ).

Hal yg menghubungkan realitas bencong di sepur senja solo dgn memory masa lalu saya ttg mas yanto adalah soal atribut atawa kemasannya.

Jaman sekarang inikan karena wis duwurnya ngilmu marketing orang-orang maka semuanya harus memenuhi kaidah marketing termasuk dalam hal kemasan.
Ora peduli apakah sesuatu itu apik ataupun bosok, indah maupun ora mbejaji, nyata2 kita butuhkan ataupun masuk pareto yg kesekian ,nek ngemasnya baik dan menarik tur dikomunikasikan terus menerus sampai wong mblenger,bisa jadi akan disenengi orang bahkan bisa bikin tiba-tiba kita merasa membutuhkannya.

Coba biarkan imaginasi sampeyan memutar pertunjukan bencong itu, dgn busana mencolok ( yg bisa bikin naluri purba kita menggeliat ) mengemas body nya yg berkarakter ganda ( atas feminim dgn bagian bawah yg maskulin ) juga atribut aksesorisnya sing ngejreng.
Dengerkan alunan nyanyiannya, susah payah dia coba nutupi suara biologis lanangnya dgn kemasan suara kemayunya.
Dan kami tertawa menikmatinya.

Pokoke agar bisa menarik perhatian dan punya kemampuan mempengaruhi pikiran dan niatan belanja khalayak maka “you punya produk mesti dikemas apik dan atraktif plus komunikasi yg tiada hendi “ jare rencang kantor
( yg biasanya terus disambung omongan soal eksekusi,masketing mix,kros seling tekan kastomer nit-nitan lainnya ) .

Mirip jualan barang ,perilaku kita dalam jagad persrawungan juga kebak dgn trik-trik tengkulak. Ben urip dan cita-cita lancar maka tabiat, tindak-tanduk,pangucapan kudu ditata lan dikemas sak apik-apike
( soal niatan jroning ati sih mbuh ).

Kemasan luar gerak hidup kita harus bisa memperlihatkan nek kita ini wong sing berkelas,pinter-cerdik,sopan, alim dan punya komitment thd kebenaran dan kebaikan terus jangan lupa tutur katanyapun kudu terasa teduh.

Wis to semua nilai-nilai luhur bakalan tercermin dalam diri kita.

Nah dalam hal mas yanto, sepanjang ingatanku teori2 marketing perilaku duniawi itu ndak ada artinya lagi, ora di gagas sama dia.

Wong justru dia makai baju sekuler yg kumal buat nutupi kesantunan hatinya.
Kayaknya semua moncering penilaian orang wis ndak menarik hatinya lagi.Justru seolah dia berusaha meng-kriet citra sebagai cah sing ora nggenah,rusak lan jauh dari norma.

Tak kasih contoh beberapa kelakuan dia sing aneh :
( yg ndak mudah saya pahami saat itu )

- Ketoke ndak ada yg pernah ngliat dia sholat,sok-sok malah terkesan nglecehkan agama kok,

“ ra sah ngajak jumatan, aku arep dolan neng sarkem ( bursa lendir -pasar kembang jogja )”

“ shalat?, kayak sesuk wis arep kiamat wae “

baru kemudian saya tahu kalau dia slalu nyari tempat jumatan sing adoh ( kadang neng gamping,tempel malah tekan mbantul barang ) ben ndak ada yg tau kalau dia jumatan,trus nek shalat kamare ditutup rapet jadi sampai dia pergi cuman saya yg ngerti nek dia shalat.

- Paling seneng dia malam2 main ke tempat2 sing serem : sarkem,sekitar kridosono, kos-kosan sekaligus penampungan cewek di kricak kidul, nongkrong di depan BI seberang shoping.

wah nek crita soal lokalisasi gayeng tenan.

Ning ternyata berdasar info mbak kana di sarkem, tibake mas yanto ndak pernah sekalipun ngamar ( tiwas saya ngira punya teman yg sehoby ) melu omben-omben saja ndak mau kok ,tapi srawunge sama penghuni sana apik tenan.

- Wis tau lho dia malak bocah tukang semir sing tidur di senisono, duwite diambil sewu limangatus, bocahe wedi banget nganti nangis , saya sama temenku yg ada disitu ndak tega, mesake banget,tapi mas yanto malah ngguyu “ lumayan iso dinggo tuku udud “.

Minggu berikutnya wektu ketemu, bocah itu crita nek duwite memang diambil sewu limangatus tapi nggon kotak itu dileboni duwit sepuluh ewu.

(kenangan ini membekas banget karena kalau ndak salah mirip banget sama tulisan Danarto di Tempo “ Pemberian yg baik “ sekitar tahun 80-90 an juga )

- Setiakawane gede banget pernah saya pengin banget nonton bioskop tapi kita sama2 ndak punya duwit, ( bukan kebetulan karena memang kami lebih sering ndak punya duwit ) siangnya dia jual kasur sama sprei di kos nya, jam tiga kami wis neng njero bioskop soboharsono malah nganggo sangu sego bandeng barang.

Ndak pernah secara terus terang mas yanto ngomong soal keyataan dibalik kelakuannya itu, dan saya juga ndak bilang kalau saya sedikit tahu rahasianya.

Cuman wis tau sekilas dia ngucap “ dadi wong apik itu ora gampang “

Bertahun saya coba ngonceki gunemane mas yanto, angel tenan tibake.

Otakku yg kecepatan aksesnya tergolong rendah cuman bisa ngira-ira :
“ saat keinginan jadi orang baik itu menggebu-nggebu ,akan banyak kemunafikan,kepalsuan dan rasa tinggi hati yg tersembunyi dibalik kesantunan dan kepintaran kita.”

Salam
yayon-kerepalur

2 komentar:

Anonim mengatakan...

lah koq ono wong palur juga ya....salam kenal aku juga wong palur. tulisane jan uapik tenan...reflektif...nggemeskeh....

Kere Palur - Tepi Bengawan Solo mengatakan...

Nuwun Mas
sampeyan palure ngendi?.
aku neng ngringo indah.

iki emailku:yayonargianto@plasa.com