Senin, 25 Februari 2008

Jangan Tumpang (sayur dari tempe bosok )


Jaman sekarang ini memang maunya serba teratur,terstandar ( kalau wong pinter bilangnya ada sopnya ).sekolah diatur distandarin make akreditas,rumah sakit,bank wis pokoke meh semua pojokan kehidupan serba teratur.arep mbayar harus teratur nganggo antrian,tuku karcis sepur kudu teratur ngantri .

Nah sejak jaman repormasi para priyagung mangkin pinter ngetrapake aturan antri bagi wong cilik ( yg sering diidentikan dgn wong mlarat tur ora mangan sekolahan) soale dianggap kaum sing perlu disesuaikan dgn kemajuan jaman . Dalam bahasa ilmiahnya adalah meningkatkan kedisiplinan rakyat indonesia menuju masyarakat yg berkualitas.Jadi ya ora aneh nek sekarang :

- mau beli beras kudu antri,

- mau beli lengo pet ( minyak tanah ) antrine rapi pake jrigen ditaleni (tur barisane dowo banget ,mlungker-mlungker )

- arep nggoreng ? ya ngantri tuku lengo klentik atau nunggu operasi pasar.

cuman sing marahi nggak enak itu masiyo sampeyan ngantri teratur dari esuk mruput, ndak ada jaminan nek sampeyan bisa dapet komoditas sing dikarepke.

Kalau pake bahasa wedangan : wong-wong pinter saiki mung pinter nggawe aturan,antrian,sop ning gak iso nyediani barange. Manis neng lambe ning pahit tenan di lapangane.

Lha yg lebih tragis lagi minggu2 kemarin tempe menghilang dari jakarta, neng pasar babar blas ora ana tempe.Bayangkan kita yg dikenal sebagai bangsa tempe harus berpisah dari tempe.Tempe yg jadi jatidiri kita hilang.

Buat yg biasa makan burger,kentaki dsb mungkin ini kejadian biasa wong itu kan semata-mata mung persoalan suple lan deman,mung masalah disparasi harga kedele.

Ning nek kanggo wong2 kayak saya ini persoalan kedele tempe kan ndak sesederhana gitu,coba sampeyan bayangkan wong ndeso kayak saya harus makan tanpa lawuh tempe ? apa ya kolu madang tanpa aroma tempe ?

yang ta wedeni itu kalau kelangkaan tempe makin berkepanjangan,wis makin sengsoro urip ini, coba sampeyan penggalih:

- nek tempe langka maka kalau pas dina jumat saya nggandul sepur pulang ke solo begitu jam makan di purwokerto pasti mendoan di warung bu parlan sudah ndak ada,tempe kripik juga ikut menghilang, kapiran tenan saya

- begitu kereta sampai di solo bayangan saya ttg mangan enak di rumah mesti musnah juga,ibunya anak2 kasih alasan : hari ini ndak bikin jangan tumpang, ra nduwe tempe bosok,tempe seger saja ndak ada di pasar kok.

bayangkan ! mulih ke solo tanpa menyantap jangan tumpang ?.

Mosok akeh wong pinter sing ngurus negoro, kok menyediakan tempe wae ora iso.

Begitu banyak priyagung sing sekolah duwur tapi menjaga ketersediaan jangan tumpang saja angel.


salam
Solo 24 Januari 2008

Tidak ada komentar: